Satu Untuk Semua

Dalam surat Yusuf,  ayat 6,  Allah menceritakan bahwa Nabi Yakub menjawab dan menta’wil mimpi anak beliau, Yusuf, yang bermimpi melihat 11 bintang,  matahari dan bulan sujud kepada beliau. Ya’kub berkata :

وَكَذَٰلِكَ يَجْتَبِيكَ رَبُّكَ وَيُعَلِّمُكَ مِنْ تَأْوِيلِ الْأَحَادِيثِ وَيُتِمُّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكَ وَعَلَىٰ آلِ يَعْقُوبَ كَمَا أَتَمَّهَا عَلَىٰ أَبَوَيْكَ مِنْ قَبْلُ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْحَاقَ ۚ إِنَّ رَبَّكَ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

 “Dan demikianlah, Tuhan memilih engkau (untuk menjadi Nabi) dan mengajarkan kepadamu sebagian dari takwil mimpi dan menyempurnakan (nikmat-Nya) kepadamu dan kepada keluarga Yakub, sebagaimana Dia telah menyempurnakan nikmat-Nya kepada kedua orang kakekmu sebelum itu, (yaitu) Ibrahim dan Ishak. Sungguh, Tuhanmu Maha Mengetahui, Mahabijaksana.”

 Ternyata mimpi itu adalah tanda bahwa Yusuf dipilih oleh Allah untuk mendapatkan nikmat dan kemuliaan serta amanat yang besar dengan menjadi salah satu dari para Nabi dan Rasul Allah.  Nikmat besar serta kemuliaan tersebut tidaklah terkotak sebatas pada diri Yusuf saja,  tapi kemuliaannya menyebar hingga ke semua orang yang punya hubungan khusus dengan Nabi Yusuf Alaihissalam. 

 Tatkala mimpi tersebut menjadi nyata dan  nikmat dari Allah telah sempurna bagi Yusuf,  maka Allah pun memberikan kemuliaan dan kesejahteraan kepada orang tua dan saudara-saudara beliau. 

 Itulah nikmat Allah Subhanahu wata’ala yang Dia berikan kepada hamba pilihannya, terutama nikmat ilmu dan kesalihan amal.  Kebaikannya tidak terbatas pada diri hamba itu saja tapi menyebar untuk seluruh orang,  baik orang dekat atau orang jauh.

 Apabila satu keluarga besar memiliki seorang anak yang berilmu nan shalih, maka kebahagiaannya, kebanggaannya, rasa nikmatnya adalah untuk semua orang; baik orang tuanya, saudara, kerabatnya atau bahkan juga bisa dirasakan baiknya oleh semua orang.

  

️ Penulis : Ustadz Abdusshomad Rifai , Lc.

Tim Rubrik Kajian Ilmiyah Al Binaa Menyapa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *