Satu Ayat Dengan Lima Kata Kunci

Al Quran adalah pedoman hidup manusia. Begitu sarat dengan pesan yang mengarahkan mereka kepada kehidupan yang baik dan mulia.

Satu diantara ayat yang mengandung pesan-pesan mulia tersebut, dapat dicermati melalui firman Allah kepada Musa alaihissalam ketika mengutusnya bersama Harun ‘alaihimassalam agar pergi menemui Fir’aun, mengajaknya kepada Islam. Allah berfirman;

اذْهَبْ أَنْتَ وَأَخُوكَ بِآيَاتِي وَلَا تَنِيَا فِي ذِكْرِي

“Pergilah engkau bersama saudaramu (Harun) dengan membawa ayat-ayat Ku. Dan jangan kalian berduan lalai dalam mengingat Ku.”. (Thaaha; 42)

Diantara pesan Allah dalam ayat ini ;

اذْهَب _ (Pergilah !)

Kata tersebut berisi perintah untuk pergi dan bergerak. Kata yang mengisyaratkan pentingnya membangun sebuah optomisme dan jangan memelihara sikap pesimis.

 اذْهَبْ أَنْتَ وَأَخُوكَ _ (Pergilah engkau bersama saudaramu !)

Mengisyaratkan pentingnya berjama’ah dan jangan bersendiri.

 اذْهَبْ أَنْتَ وَأَخُوكَ بِآيَاتِي_ (Pergilah engkau bersama saudaramu dengan membawa ayat-ayat Ku)

Mengisyaratkan pentingnya ilmu dan perencanaan yang baik, dan jangan berlaku ceroboh, asal serta tanpa perencanaan yang baik.

 وَلَا تَنِيَا _ (Dan jangan kalian berduan lalai)

Mengisyaratkan pentingnya membangun kesadaran, dan jangan menjadi larut dalam kesenangan dunia, hingga malas berusaha.

 وَلَا تَنِيَا فِي ذِكْرِي _ (Dan jangan kalian berduan lalai dalam mengingat Ku)

Mengisyaratkan pentingnya senantiasa menghadirkan Allah dalam segenap amalan kita. Senantiasa menghadirkan Allah dalam segenap amalan kita, itulah yang dinamakan ihsan. Dan ihsan adalah puncak tertinggi dari tingkatan keberagamaan seseorang. Rasulullah bersabda;

الإِحْسَانُ أَنْ تَعْبُدَ اللَّهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ

“Ihsan itu adalah engkau beribadah kepada Allah seakan engkau melihat Nya. Dan jika engkau belum mampu menghadirkan perasaan itu di dalam dirimu, maka yakinlah bahwa Dia senantiasa melihat-Mu.”. (HR. Bukhari, 6/115)

Optimisme, berjama’ah, terencana (ilmu), sadar dan tidak terbuai, serta senantiasa mengingat Allah dan ikhlas; demikianlah satu ayat ini memberikan kepada kita lima kata kunci agar kita berhasil menjalani hidup ini secara baik, dan agar kita sukses dalam meraih impian serta cita-cita kita dalam setiap kerja dan usaha yang kita geluti, baik kerja-kerja duniawi maupun kerja-kerja dakwah dan ukhrawi.

Semoga Allah senantiasa membimbing kita kepada jalan yang terbaik.

 

️Penulis : Ustadz Muhammad Irfan Zain, Lc

Tim Rubrik Kajian Ilmiyah Al Binaa Menyapa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *