Pelajaran Besar dari Do’ a Nabi Yusuf Alaihissalam

Dalam surat Yusuf, ayat  101, Allah berfirman tentang doa Yusuf Alaihissalam :

رَبِّ قَدْ آتَيْتَنِي مِنَ الْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِي مِنْ تَأْوِيلِ الْأَحَادِيثِ ۚ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ أَنْتَ وَلِيِّي فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ۖ تَوَفَّنِي مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِين

“Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebagian kekuasaan dan telah mengajarkan kepadaku sebagian takwil mimpi. (Wahai Tuhan) pencipta langit dan bumi, Engkaulah pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan gabungkanlah aku dengan orang yang shalih.” [Surat Yusuf, ayat 101]

Inilah doa nabi Yusuf, didalamnya terkandung makna tauhid yang sangat dalam. Diantara makna dalam dari doa Nabi Yusuf tersebut adalah :

Pertama : pengakuan bahwa seluruh nikmat, lahir dan batinnya,  besar ataupun kecil, semuanya berasal dari Allah subhanahu wata’ala.

Kedua : pengakuan bahwa Allah-lah Rabb semesta alam,  pencipta langit, bumi dan seisinya.  Tidak ada tuhan selain Allah yang Maha Perkasa.

Ketiga : Allah adalah Wali (pelindung dan penolong) bagi orang-orang shalih.  Dialah yang akan melindungi,  menolong dan memenangkan hamba-hamba Nya. 

Keempat : Secara tersirat , doa ini mengajarkan bahwa kemuliaan dan kenikmatan dari Allah hanya akan di dapat apabila seseorang merendahkan diri,  menghinakan diri,  tunduk patuh, pasrah menyerahkan diri dan sangat butuh kepada  Allah Tuhan semesta alam.

Kelima : Seorang hamba yang sholih akan selalu ingat kematian,  dan selalu berharap serta memohon bahwa kematiannya adalah kematian yang husnul khotimah : meninggal dengan membawa Islam dan amal sholih

Keenam : Doa ini membimbing kita agar setelah beriman dan beramal sholih , kita berusaha untuk selalu bergabung dan berkumpul bersama orang-orang shalih yang diridhoi oleh Allah subhanahu wata’ala . Di dunia berkumpul dalam taat kepada Allah dan di akhirat berkumpul untuk nikmat abadi yang dikaruniakan Allah.

 Wallahu A’lam

  

️ Penulis : Ustadz Abdusshomad Rifai, Lc

Tim Rubrik Kajian Ilmiyah Al Binaa Menyapa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *