Ma’had ‘Aly (MA) Al Binaa Dalam Semester Pertama

Alhamdulillah satu semester perjalanan Ma’had ‘Aly Al Binaa telah berlangsung. Diusianya yang masih sangat belia itu, tentu banyak sekali kekurangan dalam proses pengelolaannya. Namun kami bersyukur kepada Allah yang masih memberi kami karunia untuk tetap berada dalam jalan dakwah ini, memberi sedikit potensi yang kami miliki untuk agama yang mulia ini.

Untuk diketahui bahwa saat ini jumlah mahasantri yang belajar di Ma’had ‘Aly Al Binaa adalah 29 mahasantri dari berbagai daerah di Indonesia. Target perkuliahan terfokus pada tiga aspek :

  1. Hafal Al Quran
  2. Bisa berbahasa Arab
  3. Memiliki pengetahuan yang baik tentang dasar-dasar hukum agama, yang diharapkan dapat mereka kembangkan dan terapkan di masyarakat setelah mereka lulus dari program pendidikan di Ma’had ‘Aly Al Binaa ini.

Untuk berhasil menyelesaikan target perkuliahan ini dalam dua tahun program perkuliahan, tentu bukan merupakan hal yang mudah, terlebih bahwa sebagian dari mahasantri yang diterima untuk tahun perkuliahan pertama ini berlatarbelakang umum dan bukan dari pesantren. Meski demikian, sebagaimana arahan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap kebaikan : “Senantiasalah memohon bantuan (berdoa) kepada Allah dan jangan pernah merasa lemah”.

Untuk mencapai target perkuliahan tersebut, maka Ma’had ‘Aly Al Binaa telah menetapkan program harian bagi mahasantrinya, yaitu :

03.30-04.30 Qiyamullail
04.30-07.00 Shalat Subuh + Zikir Pagi + Halaqah Al Quran + Mandi
07.00-12.00 Kuliah Pagi (Kurikuler)
12.15-13.00 Shalat Zhuhur
13.00-15.00 Makan siang + Istirahat
15.00-16.00 Shalat Ashar
16.00-17.00 Halaqah Quran
17.00-18.00 Dzikir Petang + Mandi
18.00-19.45 Shalat Maghrib + Ta’lim + shalat Isya + Ta’limaat
19.45-20.30 Makan malam
20.30-22.00 Mengerjakan tugas pelajaran / muraja’ah mandiri / kegiatan kebahasaan
22.00-03.30 Istirahat

Khusus untuk hari sabtu, kegiatan kuliah pagi diisi dengan program yaum ma’al Quran (sehari bersama Al Quran) untuk evaluasi umum capaian target hafalan dalam sepekan masa kuliah.

Selain mengelola program kuliah regular, Ma’had ‘Aly Al Binaa juga mengelola program belajar bahasa Arab untuk seluruh keluarga besar Al Binaa. Untuk saat ini, program belajar yang telah dikelola oleh Ma’had ‘Aly Al Binaa adalah ;

  • Program bahasa Arab untuk musyrifaat (satu kelas, 4 hari kuliah / pekan)
  • Program bahasa Arab untuk asaatidz (satu kelas, 2 kali pertemuan / pekan)
  • Program bahasa Arab untuk karyawan (tiga kelas, 2 kali pertemuan / pekan)
  • Program bahasa Arab untuk ummahaat (dua kelas, 2 kali pertemuan / pekan)

Demikian deskripsi umum tentang kegiatan Ma’had ‘Aly Al Binaa dalam satu semester pertama ini.

Ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggin-tingginya kami ucapkan kepada seluruh pihak yang telah memberi saham positif bagi kegiatan-kegiatan MA Al Binaa ; baik dari internal Al Binaa sendiri, juga dari para donatur luar yang selama ini telah memberi donasinya untuk kegiatan-kegiatan Mahasantri MA Al Binaa. Semoga Allah senantiasa memberkahi kita semua dengan amal yang kita lakukan, ide dan fikiran yang kita sumbangkan, serta harta yang kita donasikan. Jazakumullahu khairan Katsiran. Wal hamdulillah awwalan wa aakhiran.

 

Peluang beramal

Ma’had ‘Aly Al Binaa membuka peluang bagi para muhsinin untuk turut bersama kami dalam proses pembinaan di Ma’had ini dengan mendonasikan kelebihan harta yang dianugrahkan Allah kepada mereka.

Untuk donasi, bisa disalurkan via rekening BSM, cabang : Karawang, kode bank : 451, nomor rek: 7017599881, atas nama : Ustadz. Rahmat Hidayat.

Dan kepada pihak yang telah berdonasi, kami ucapkan jazakumullahu khairan, semoga Allah menambah keberkahan pada usia, harta dan keluarga anda.

 

Lampiran Foto Kegiatan Kuliah Mahasantri MA Al Binaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *