Jangan Sekalipun Mengentengkannya

Qadha adalah ibadah yang Allah jadikan sebagai solusi bagi mereka yang tidak sempat melaksanakan sebuah ibadah pada waktunya karena sebuah alasan yang dibenarkan oleh agama. Contohnya; seorang yang ketiduran hingga lewat waktu shalat dzhuhur. Boleh baginya mengqadha shalat dzhuhur tersebut (ketika terbangun) di waktu ashar. Contoh lain adalah orang sakit dan tidak bisa berpuasa di bulan Ramadhan, boleh baginya mengqadha puasanya di hari-hari lain, selain bulan Ramadhan.

Namun karena qadha ini adalah satu diantara jenis ritual ibadah, maka untuk melaksanakannya harus berdasarkan dalil. Olehnya, ketika menjawab pertanyaan Mu’adzah, “Mengapa wanita haid diwajibkan mengqadha puasa dan tidak diwajibkan mengqadha shalat ?.”, Aisyah berkata; “Demikianlah di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ketika kami haid, Beliau perintahkan kami mengqadha puasa dan Beliau tidak memerintahkan kami mengqadha shalat.”. Seakan dengan jawaban tersebut, Beliau ingin menjelaskan bahwa kami mengqadha puasa karena ada dalil dan kami tidak mengqadha shalat karena tidak ada dalil.

Lantas bagaimanakah dengan orang yang meninggalkan kewajiban puasa secara sengaja ?.

Tidak ada satupun keterangan yang secara tegas dan jelas menyebutkan adanya alternatif bagi mereka untuk menebus dosa besar yang telah mereka lakukan dengan sengaja itu. Mereka kelak harus mempertanggungjawabkan dosanya itu di hadapan Allah. Olehnya jangan sekalipun meremehkan puasa Ramadhan, dengan asumsi, “toh bisa di qadha” . Abdullah bin Mas’ud -radhiyallahu ‘anhu- berkata;

مَنْ أَفْطَرَ يَوْمًا فِي رَمَضَانَ مُتَعَمِّدًا مِنْ غَيْرِ عِلَّةٍ ثُمَّ قَضَى طَوَالَ الدَّهْرِ لَمْ يُقْبَلْ مِنْهُ

“Barangsiapa berbuka puasa secara sengaja di siang hari bulan Ramadhan, maka meski ia berpuasa sepanjang masa, tetaplah hal tersebut tidak akan diterima.” Pendapat yang senada juga diriwayatkan dari Ali dan Abu Hurairah.”.

Baarakallahu fiekum Wallahua’lam bis shawaab

 

✍ Penulis : Ustadz Muhammad Irfan Zain
Tim Rubrik Kajian Ilmiyah Al Binaa Menyapa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *