Jadilah Mukmin, Seperti Pohon Kurma

Pohon kurma adalah pohon yang baik dan penuh dengan keberkahan. Akarnya kokoh, dahan dan rantingnya menjulang tinggi ke langit. Pohon itu memberikan buahnya di setiap waktu. Semua bagian dari pohon tersebut bermanfaat.

Seideal itulah seharusnya karakter seorang mukmin sejati;

Dia memiliki akar yang kuat berupa ilmu dan keyakinan di hati, bebas dari segala kerancuan dan keraguan.

Dengan akar yang kokoh tersebut, tumbuhlah darinya ucapan baik, amalan baik, adab mulia yang selalu naik, diterima oleh Allah Subhanahu Wata’aala.

Diapun, dengan akar yang  kuat dan ibadah  yang maksimal tersebut selalu memberikan manfaat dan kebaikan kepada orang lain,  kapan dan di manapun mereka berada.

 Allah berfirman :

ألَمْ تَرَ كَيْفَ ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ أَصْلُهَا ثَابِتٌ وَفَرْعُهَا فِي السَّمَاءِ. تُؤْتِي أُكُلَهَا كُلَّ حِينٍ بِإِذْنِ رَبِّهَا وَيَضْرِبُ اللَّهُ الْأَمْثَالَ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ

“Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya kokoh dan cabangnya (menjulang) ke langit. Pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.” (Ibrahim : 24-25)

Jadilah muslim yang shaleh dan bermanfaat  kepada siapapun,  dimana dan kapanpun anda berada,  “Sebaik-baik muslim adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.”. (HR. Thabraani)

 

️ Penulis : Ustadz Abdus Shomad,  Lc

Tim Rubrik Kajian Ilmiyah Al Binaa Menyapa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *