Jadikan Sholat Kita Pencegah dari yang Keji dan Munkar

Allah Subhanahu wata’ala menegaskan bahwa sholat bisa mencegah dari perbuatan yang keji dan munkar.  Dia berfirman :

 اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

“Bacalah Kitab (Al-Qur’an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. [Surat Al-Ankabut ayat 45]

Apa yang disampaikan oleh ayat ini tentu tidaklah meragukan seorang muslim,  bahwa sholat yang dia kerjakan akan menjadi benteng yang kokoh yang melindunginya dari perbuatan keji dan munkar.  Lalu sholat yang bagaimana?.

Tentu, di sini kualitas  yang jadi penentu. Sebagian orang sholat,  tetapi sholatnya tidak bisa menjadi benteng yang diharapkan tadi.  Demikian itu karena kualitas sholat yang sangat kurang.  Sholat yang akan menjadi benteng kokoh tadi adalah sholat yang berkualitas.  Berkualitas dalam keikhlasan, berkualitas dalam mempraktekkan cara sholat Nabi,  berkualitas juga dalam kekhusyuan. 

Dalam hal ini seorang ulama tafsir,  Syekh Abdurrahman As-Sa’die menjelaskan :

“Sisi yang menyebabkan sholat bisa mencegah dari perbuatan yang keji dan munkar adalah bahwa bila seorang hamba menegakkan sholatnya, dia sempurnakan rukun, syarat dan kehusyuan sholatnya, maka hatinya akan bercahaya dan bersih, iman dan takwanya bertambah, keinginannya untuk berbuat baik bertambah dan sebailknya keinginannya untuk berbuat buruk menjadi berkurang bahkan hilang. Maka secara otomatis kalau seorang hamba komitmen menjaga sholatnya seperti ini, sholatnya akan mencegah dari perbuatan yang keji dan munkar”

Marilah kita tingkatkan kualitas sholat kita agar sholat kita menjadi benteng yang kokoh yang melindungi kita dari perbuatan keji dan munkar.

 

Penulis : Ustadz Abdusshomad Rifai, Lc

Tim Rubrik Kajian Ilmiyah Al Binaa Menyapa

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *