Empat Karakter Yang Menyelamatkan Dari Kerugian

Tak seorangpun di dunia ini mau mendapatkan kerugian, baik dalam urusan duniawinya lebih-lebih urusan ukhrowinya. Semua ingin mendapatkan keuntungan dan kebahagiaan.

Bagi hamba yang ingin selamat dari kerugian, perhatikanlah empat karakter berikut ini :

1. Iman yang benar yang berpondasikan ilmu

2. Beramal shaleh dengan semua bentuknya, baik yang lahir ataupun yang bathin, baik yang wajib atau yang sunnah, baik yang berhubungan dengan hak Allah atau hak hamba-Nya.

3. Selalu saling mengingatkan dan mengajak kepada alhaq (kebenaran), yaitu iman dan amal shaleh.

4. Selalu saling mengingatkan dan mengajak kepada kesabaran, baik sabar dalam melakukan ketaatan, sabar dalam menjauhi larangan dan sabar dalam menerima ujian dari Allah.

Dengan dua poin pertama seseorang menyempurnakan dirinya sendiri, menjadi sosok yang shaleh. Dan dengan dua poin berikutnya seseorang menyempurnakan orang lain, menjadi sosok yang muslih. Muslim paripurna adalah muslih yang shaleh dan muslih.

Dan dengan empat poin seluruhnya seseorang mempunyai karakter yang akan selamat dari kerugian. Allah Subhanahu Wata’ala berfirman :

وَالْعَصْرِ . إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ . إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

“Demi masa.  Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian.  Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran” (Al-Ashr : 1-3)

 

️ Penulis : Ustadz Abdul Shomad,  Lc

Tim Rubrik Kajian Ilmiyah Al Binaa Menyapa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *