Dua Kekuatan dalam Meniti Jalan Menuju Allah

Dalam surat Az-Zumar, ayat 54, Allah Subhanahu Wata’aala memerintahkan para hambaNya untuk kembali kepadaNya. Dia berfirman :

وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنْصَرُونَ

“Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi)” (Az-Zumar ayat 54)

Dalam ayat ini, Allah Subhanahu Wata’aala merintahkan kita untuk Inabah, kembali kepadaNya. Kembali kepadaNya dengan lebih memprioritaskan cinta kepadaNya, lebih mendahulukan apa yang dicintai oleh Allah daripada keinginan dan hasrat jiwa pribadi.

Inabah kepadaNya dengan berusaha lebih dekat, lebih banyak berinteraksi dan bermunajat denganNya melalui doa, sujud, merendahkan diri dihadapanNya dan memohon kepadaNya di sepertiga malam dan berbagai bentuk taqorrub kepadaNya.

Inabah kepadaNya dengan melepaskan diri dari lilitan maksiat dan dosa. Kembali kepada Allah dengan bertaubat kepadaNya dengan taubat yang tulus.

Dalam Inabah dan kembali meniti jalan kepada Allah, seorang hamba tidak akan bisa sampai tujuan dengan selamat kecuali dengan dua kekuatan;

Pertama adalah kekuatan ilmu (Quwwah Ilmiyah), yang mana dengannya seorang hamba benar-benar faham dan mengerti peta jalan menuju Allah. Dia faham semua rambu-rambu petunjuk di jalan tersebut dan faham pula jalan-jalan yang salah yang akan menjauhkannya dari jalan Allah.

Kekuatan kedua adalah kekuatan amal dan gerak (Quwwah Amaliyah), yang mana setelah mengetahui jalan menuju Allah, dia pun bergerak dengan  lahir dan bathinnya untuk melangkah dan meniti jalan tersebut. Seseorang tidak sampai tujuan hanya dengan khayalan dan keinginan semata, tetapi harus ada gerakan nyata yaitu melangkah menuju tujuan tersebut.

Dengan dua kekuatan ini seorang hamba akan sampai dalam Inabah kepada Allah Subhanahu Wata’aala. Wallahu A’lam

  

️ Penulis : Ustadz Abdusshomad Rifai, Lc

Tim Rubrik Kajian Ilmiyah Al Binaa Menyapa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *