Bersabarlah, dan Rasakan Islam Itu Rahmat Bagi Alam Semesta

Allah berfirman;

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ

“Dan tidaklah Kami mengutusmu wahai Muhammad melainkan sebagai rahmat bagi seluruh alam.”. (Al Anbiyaa; 107)

Islam, nama agung agama ini sangat erat dengan nilai dan tema kedamaian, keselematan, kemerdekaan, cinta dan keadilan. Nilai dan tema ini sangat jelas tergambar lewat lima point yang menjadi tujuan inti dari seluruh syari’at agama, baik perintah maupun larangannya. Kelima point tersebut selanjutnya diistilahkan dengan sebutan ad dharuuriyaatu al khams, yaitu;

1. Menjaga agama

2. Menjaga akal

3. Menjaga jiwa

4. Menjaga harga diri, nasab dan keturunan

5. Menjaga harta

Kelima poin ini dijadikan sebagai inti dari ajaran agama karena pada kelima poin inilah sesungguhnya letak dari hakikat keberadaan manusia sebagai makhluk yang dimuliakan.

Maka sebagaimana manusia tanpa jiwa adalah bangkai, demikianlah juga manusia tanpa agama, tanpa akal, tanpa harga diri, dan tanpa hak atas harta yang dimilikinya ; tidak ubahnya seperti jasad kaku, tinggal menunggu waktu untuk kemudian hancur dan lebur bersama tanah.

Sebaliknya, jika seorang terjaga agama, akal, jiwa, harga diri, nasab, keturunan dan hartanya; disaat itulah mereka akan sampai pada kesempurnaan dalam kapasitasnya sebagai mahkluk dari Dzat yang Maha Agung dan Maha Sempurna.

Adakah manusia yang tidak mau menggapai kesempurnaan itu ?. Seluruh manusia pasti ingin menggapainya. Namun adakah jalan untuk menggapainya semudah anda mengucapkan kata “mudah” itu sendiri ?. Hmm, ingat saudaraku, hidup ini adalah ujian yang pasti memiliki tingkat beban dan kesulitan tertentu. Maka sebagaimana untuk lulus memasuki sebuah PT –misalnya- membutuhkan kesungguhan dan perjuangan, demikianlah untuk lulus dari ujian dunia ini butuh kesungguhan dan perjuangan yang tidak sedikit. Betapa tidak wahai saudaraku, sedangkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; “Surga itu dikelilingi dengan hal yang tidak disukai oleh hawa nafsu. Adapun neraka, maka ia dilingkupi dengan segala hal menggiurkan yang disenangi oleh hawa nafsu.”.

Olehnya, jangan sungkan untuk sedikit berkorban demi meraih sebuah kelezatan abadi. Kelezatan yang hanya akan didapatkan oleh mereka yang dapat merasakan rahmat Islam pada kehidupannya. Bukan bagi mereka yang dadanya sesak dan semakin sempit karena Islam, yang sejatinya adalah rahmat dan kebaikan bagi alam semesta.

 

️ Penulis : Ustadz Muhammad Irfan Zain, Lc

Tim Rubrik Kajian Ilmiyah Al Binaa Menyapa

One Reply to “Bersabarlah, dan Rasakan Islam Itu Rahmat Bagi Alam Semesta”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *