Belajar Adab dari Para Malaikat

Dalam surat Al-Baqoroh ayat  31 – 32 Allah Subhaanahu wata’ala berfirman :

وَعَلَّمَ آدَمَ الْأَسْمَاءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلَائِكَةِ فَقَالَ أَنْبِئُونِي بِأَسْمَاءِ هَٰؤُلَاءِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ. قَالُوا سُبْحَانَكَ لَا عِلْمَ لَنَا إِلَّا مَا عَلَّمْتَنَا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَلِيمُ الْحَكِيمُ

“Dan Dia ajarkan kepada Adam nama-nama (benda) semuanya, kemudian Dia perlihatkan kepada para malaikat, seraya berfirman, “Sebutkan kepada-Ku nama semua (benda) ini, jika kamu yang benar!. Mereka menjawab, “Mahasuci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui, Maha Bijaksana.” [Surat Al-Baqarah ayat 31 – 32]

Dua ayat ini adalah rangkaian ayat tentang kisah sujudnya para Malaikat kepada Adam Alaihissalam.  Banyak hikmah dan pelajaran dari kisah ini.  Di antara hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil adalah :

1. Allah adalah Dzat yang maha berilmu dan maha hikmah.  Segala ilmu dan pengetahuan yang ada adalah dari Allah Subhanahu wa ta’ala.  Semua yang Allah ciptakan dan semua yang Dia perintah serta larang adalah penuh dengan makna hikmah. Allah dengan hikmahNya berhak memberi atau tidak memberikan sebagian ilmuNya kepada sebagian hamba-hambaNya.

2. Tidak ada kata sempurna bagi makhluk Allah.  Sebagaimana para malaikat yang mulia,  mereka makhluk-makhluk berderajat tinggi,  tapi tetap mempunyai kekurangan,  diantaranya tidak mengetahui sebagian ilmu.

3. Seorang hamba Allah,  apabila belum mengerti hikmah Allah pada makhluk ciptaanNya atau pada sebagian hukumnya, baik yang berupa perintah atau larangan maka hendaknya dia pasrah,  menerima dan tunduk kepada Allah.  Karena Allah lah yang maha tahu dan maha hikmah.  Bukan malah sombong dan merasa pintar yang akhirnya menolak kebenaran dari Allah.

Sebagaimana para malaikat,  ketika mereka tidak mengetahui jawaban dari yang diminta oleh Allah,  mereka mengakui kelemahan diri dan menyandarkan ilmu dan hikmahnya kepada Allah.

 Wallahu Alam

 

 ️ Penulis : Ustadz Abdusshomad Rifai, Lc

Tim Rubrik Kajian Ilmiyah Al Binaa Menyapa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *